Kamis, 29 Oktober 2020
Senin, 14 Sep 2020, 01:02:30 WIB, 9 View Administrator, Kategori : Berita Daerah

Sungailiat - Pemerintah Kabupaten Bangka sekarang memilii duah buah unit ambulan untuk menunjang puskesmas pariwisata yang sedang di bangun di daerah Sungailiat dan Sinar Baru. Ambulan tersebut diserahkan langsung Bupati Bangka kepada kepala Puskesmas diwilayah kerja setempat, Senin (7/9/2020).

Ambulan pariwisata memiliki spesifikasi puskesmas keliling sehingga dapat memberikan layanan kesehatan ringan secara langsung. Untuk sementara waktu ambulan tersebut ditempatkan di Puskesmas Sungailiat dan Sinar Baru sembali menunggu pembangunan puskesmas pariwisata selesai dibangun.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyampaikan ambulan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis. Terutama bagi masyarakat yang membutuhkan tidakan medis atau dalam hal penjemputan menuju layanan kesehatan.

Selain itu dirinya mengharapkan dengan adanya ambulan dapat memberikan peran dan meningkatkan akses jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja puskesmas. Sehingga seluruh masyarat dapat terlayani dengan cepat.

"Jadi ambulan ini juga dapat memberikan layanan di berbagai tempat yang jauh dan sulit dijangkau. Seperti saat melaksanakan sosialisasi atau posyandu di daerah yang jauh dapat memanfaatkan ambulan ini," ungkap Mulkan.

Disisi lain, puskesmas pariwisata di daerah Sungailiat dan Sinar Baru masih dalam proses pembangunan. Pembangunan tersebut direncanakan memiliki beberapa fasilitas yang menyangkut akan kepariwisataan.

"Konsep puskesmas pariwisata ini ada karena kita merupakan daerah pariwisata. Sehingga didalamnya nanti terdapat pelayanan pribadi seperti masage, akupuntur, spa dan lain sebagainya," ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr. Then Suyanti.

Selain itu dirinya menambahkan, pembelin ambulan pariwisata ini masih termasuk kedalam paketan pagu pembangunan puskesmas pariwisata. Sehingga pembeliannya menggunakan dana kegiatan DAK Tahun 2020. (Dinkominfotik)





Tuliskan Komentar