Kamis, 18 Oktober 2018
Jumat, 28 Sep 2018, 02:04:52 WIB, 15 View Administrator, Kategori : Berita Kominfo

Belinyu - Kantor Kecamatan Belinyu menggandeng Komunitas Belinyu Bersedekah (Berkah) untuk memberikan pemerataan pendistribusian bantuan terhadap keluarga miskin dan masalah sosial lainnya.

Komunitas Berkah ini sendiri adalah komunitas anak muda di Kecamatan Belinyu yang peduli akan masalah kesejahteraan sosial masyarakat di Kecamatan Belinyu.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Plt Camat Belinyu, Restu Ing Handayani, SSTP, Selasa (25/09/18) saat ditemui diruangannya.

“Jadi kita di Belinyu ini ada yang namanya komunitas Berkah atau Belinyu Bersedekah yang telah dibentuk oleh anak-anak muda kita pada tahun 2017 kemarin. Sekarang tahun 2018 ini mereka kita gandeng dan itu kita jadikan sebagai sebuah potensi untuk langkah kita agar tidak ada lagi keluarga miskin di Kecamatan Belinyu yang tidak menerima bantuan,”ungkap Restu.

Restu menuturkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan MOU perjanjian kerjasama dengan komunitas Berkah tersebut. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya dari Kecamatan menyediakan data keluarga miskin serta mengedarkan kotak sumbangan yang memprioritaskan pegawai Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Belinyu.

“Untuk mendukung kegiatan Berkah ini kita sudah mengeluarkan MOU kerjasama antara Kecamatan dengan komunitas Berkah, jadi secara langsung kita disitu terlibat langsung, dan kita dari Kecamatan menyediakan data warga miskin dan kita edarkan juga setiap bulannya kotak sumbangan ke pegawai Kecamatan dan tujuh kelurahan juga,”imbuhnya.

Untuk itu dirinya berharap agar kedepan komunitas Berkah tersebut dapat berkembang lebih pesat sehingga menambah anggota yang telah ada didalamnya.

“Semoga kawan-kawan dari Komunitas Berkah ini yang kita juga ikut membantu didalamnya, agar kita mensosialisasikan komunitas ini bisa lebih besar lagi kedepannya sehingga kedepannya,”harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, dua orang inisiator Komunitas Berkah, Pandu menjelaskan latarbelakang dibentuknya komunitas Berkah tersebut. Dirinya mengatakan bahwa karena sebuah panggilan hati untuk membantu masyarakat miskin yang ada di wilayah Kecamatan Belinyu.

“Saya merasa bahwa ini awalnya harus perlu dibentuk karena tujuan awalnya adalah untuk memberikan bentuk perhatian kepada keluarga miskin, oleh karena itu saya berdua dengan salah satu teman saya yang bernama Syarif mulai terpikirkan untuk mulai membentuk komunitas Berkah ini,”jelasnya.

Kemudian pada kesempatan yang sama pula, Syarif sebagai salah satu inisiator komunitas Berkah menjelaskan mekanisme dari cara kerja komunitas tersebut. Dirinya menjelaskan bahwa setoran dapat dilakukan secara tunai atau transfer rekening atas nama Erlita Rafini melalui Bank Mandiri di nomor rekening 1690000241395, yang kemudian setiap bulannya akan dilakukan penyaluran kepada tiap penerima bantuan.

“Kita salurkan per-bulan, jadi setiap satu bulan sekali kita salurkan ke penerima, datanya kita dapat dari Kecamatan. Untuk setoran dapat dilakukan secara tunai maupun non tunai, kalau untuk non tunai bisa transfer ke rekening bendahara kami atas nama Erlita Rafini melalui Bank Mandiri di nomor rekening 1690000241395, untuk nominal kita tidak tentukan yang penting Ikhlas karena Allah,” imbuhnya.

Bantuan ini menurut Syarif, seratus persen disalurkan kepada masyarakat, tanpa potongan biaya apapun. Sedangkan setiap bulan dana harus disalurkan semua sehingga saldo akhir bulan nol rupiah.

"Kami hanya membantu, tidak ada biaya bensin, pulsa dan honor pengurus juga tidak. Semuanya kami salurkan ke penerima. Biaya yang lain biar jadi sedekah kami. Setiap bulan semua dana harus keluar dan harus nol rupiah. dan setiap bulan kami publish pertanggung jawabannya di media sosial," tutupnya.





Tuliskan Komentar