Minggu, 22 September 2019
Sabtu, 22 Sep 2018, 02:53:56 WIB, 56 View Administrator, Kategori : Berita Kominfo

Sungailiat – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka melakukan sosialisi Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID). Sosialisasi diselenggarakan Selasa (18/9/18) di Aula SMPN 2 Sungailiat dengan dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SLTP se Kabupaten Bangka.

Ketua PPID utama yang juga selaku Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik, Suryani, S.Sos., M.Si dalam paparannya mengatakan bahwa pihak sekolah harus memahami bagaimana arus pemberian informasi kepada masyarakat.

“Pihak sekolah harus memahami bagaimana arus pemberian informasi kepada masyarakat yang meminta informasi tersebut serta dapat mengklasifikasinya untuk kemudahan dalam pemberian informasi tersebut, kalau informasi bersifat dikecualikan pihak sekolah dapat menolak untuk memberikannya,”ungkap Suryani.

Suryani menambahkan bahwa pihak sekolah harus dapat membedakan antara permintaan informasi dari masyarakat dengan wawancara terkait hal umum mengenai suatu isu di sekolah terkait. Dirinya mengatakan bahwa apabila masyarakat ingin meminta data sekolah secara mendalam untuk kepentingan tertentu maka pemohon harus mengisi formulir permohonan informasi dan membedakannya dengan konteks yang ingin wawancara mengenai suatu isu tertentu di sekolah terkait.

“Jika ada dari masyarakat yang meminta informasi berupa data-data serta file yang berhubungan permohonan informasi maka sekolah harus meminta pemohon untuk mengisi formulir permohonan informasi, akan tetapi jika ada yang ingin wawancara mengenai isu terkait di sekolah Bapak dan Ibu itu tentu konteksnya tersendiri karena mereka dalam rangka wawancara bukan ingin menggali data tertentu,”jelas Suryani.

Untuk itu dirinya berharap agar semua pihak sekolah yang ada di Kabupaten Bangka dapat bekerjasama terkait pemberian informasi kepada masyarakat yang memerlukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Infomasi Publik (KIP).

“Harapan kita agar pihak sekolah dapat memahami serta memberikan informasi kepada pemhon dengan mengacu kepada Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Infomasi Publik (KIP),”harpnya.

Kemudian saat ditemui usai sosialisai Suryani mengatakan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi PLID tersebut kepada jajaran SD, SLTP hingga SLTA se Kabupaten Bangka.

“Kemarin kita sosialisasi ke seluruh Kepala Sekolah SD, hari ini sasaran kita seluruh Kepala Sekolah SLTP, dan tidak luput kita akan melakukan sosialisasi kepada pihak SLTA se Kabupaten Bangka agar informasi yang kita sampaikan dapat merata sampai kepada seluruh sekolah,”tutupnya. (Pemkab Bangka).





Tuliskan Komentar