Selasa, 12 November 2019
Sabtu, 25 Agu 2018, 01:29:20 WIB, 77 View Administrator, Kategori : Berita Kominfo

Sungailiat – Pemkab Bangka melalui Dinas Pangan Kabupaten Bangka akan membentuk Posko Keamanan Pangan di Pasar Kite Sungailiat. Posko ini menurut Plt Kepala Bidang (Kabid) Keamanan Pangan, Dinas Pangan, Saroyini, S.P., adalah salah satu upaya Pemkab Bangka dalam menjaga keamanan produk pangan di Pasar Kite Sungailiat.

"Kita sudah mengajukan ke Pak Bupati Bangka dan telah disetujui, jadi dalam rangka menjaga keamanan produk pangan di Pasar Kite kita akan membentuk Posko Keamanan Pangan, Insya Allah setelah Hari Raya Idul Adha nanti tanggalnya kita belum bisa pastikan," ungkap Saroyini, Selasa (21/08/18) saat ditemui diruangannya.

Saroyini menambahkan, bahwa dalam pembentukan Posko Pangan ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Dinakerperindag) Kabupaten Bangka terkait penyediaan tempat untuk berdirinya Posko.

"Kita akan berkoordinasi dengan Perindag terkait penyediian tempat untuk didirikan Posko,” imbuh Saroyini.

Lebih lanjut Saroyini menjelaskan mekanisme dari cara kerja Tim Keamanan Pangan yang nantinya berada di Posko yakni dengan menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat terkait produk yg dicurigai terindikasi zat-zat berbahaya untuk kemudian dilakukan pengujian sampel.

"Apabila masyarakat mencurigai produk yang mereka beli dapat menghubungi KUPT Pasat atau langsung ke kita di Posko kemudian kita akan menindaklanjuti laporan tersebut ke pedagang yang bersangkutan untuk dilakukan pengujian dari produk tersebut," ungkap Saroyini.

Saroyini mengatakan apabila ditemukan produk yang positif menganduk zat berbahaya di lapangan, dirinya mengatakan akan melakukan pembinaan kepada pedagang tersebut.

"Tentu kita akan melakukan pembinaan kepada pedagang yang bersangkutan, kemudian kita akan selidi dari mana mereka memasok produk pangan tersebut, saya pesankan jangan takut kita hanya melakukan pembinaan demi kebaikan semuanya," ungkap Saroyini.

Kemudian Saroyini mengimbau agar masyarakat baik penjual maupun pembeli dapat berperan aktif dalam menjaga produk yang beredar di pasar Kite Sungailiat.

"Masyarakat harus melaporkan apabila ada indikasi yang dicurigai, untuk penjual agar dapat dengan cerdas memilih produk yg higienis,"imbaunya.

Tak lupa Saroyini berharap agar seluruh produk makanan yang beredar di Pasar khususnya Pasar Kite Sungailiat agar higienis serta bersih dari segala macam zat berbahaya yang dapat merugikan semua pihak. (Pemkab Bangka)





Tuliskan Komentar