Selasa, 24 April 2018
Selasa, 10 Apr 2018, 00:52:50 WIB, 3 View Administrator, Kategori : Berita Daerah

Kabupaten Bangka untuk yang ke 5 kali berturut-turut berhasil meraih terbaik I Penghargaan Prencanaan Pembangunan Daerah Serumpun Sebalai se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tahun 2018. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, yang diterima Plt Bupati Bangka Rustamsyah, Kamis (5/4/18) di Novotel Pangkalpinang. 

Keberhasilan Pemkab Bangka tahun 2018 meraih penghargaan pembangunan daerah terbaik I merupakan pengulangan penghargaan serupa yang pernah didapatkan tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017.  Pada tahun 2014 hingga 2017, penghargaan tersebut dinamakan sebagai pangripta serumpun sebalai, dengan indikator utama penilaian  hanya pada aspek  perencanaan pembangunan daerah.  Pada tahun 2018,  selain indikator perencanaan pembangunan 2018, penilaian juga dilakukan pada aspek pencapaian pembangunan daerah tahun 2017. Oleh karena itu,  pada tahun 2018, penghargaan tersebut dinamakan penghargaan pembangunan daerah.

Diterimanya penghargaan pembangunan daerah ini, sekaligus dan membuktikan bahwa pada periode RPJMD “Bangka Bermartabat 2014-2018”, PemkabBangka merupakan Pemkab dengan perencanaan pembangunan daerah terbaik di Bangka Belitung. Sedangkan dari aspek pencapaian pembangunan,Pemkab Bangka juga merupakan pemkab dengan pencapaian pembangunan daerah terbaik di Bangka Belitung.

Plt Bupati Bangka Rustamsyah menjelaskan, salah satu alasan mengapa  Bangka menjadi yang terbaik  di Bangka Belitung karena RKPD  Pemkab Bangka mampu mengakselerasi seluruh pencapaian target  makro pembangunan.  Hingga tahun 2017,  seluruh target pembangunan  utama berhasil  dilampaui.   Indeks pembangunan manusia ( IPM ),   gini rasio, pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, nilai tukar petani, pendapatan per kapita, dan indeks pelayanan publik  masyarakat semuanya mengalami perbaikan siginifikan, melebihi capaian Provinsi dan Kabupaten/Kota lainnya di Babel, bahkan juga mengungguli capaian pembangunan nasional.

“ Keberhasilan ini sekaligus menunjukkan bahwa dalam periode kepimpinan kami, periode Bangka bermartabat 2014-2018, perencanaan dan pencapaian pembangunan kabupaten bangka sudah on the right track dan berdampak sangat baik bagi pembangunan daerah.

Sementara itu Kepala bappeda  kabupaten bangka mengatakan, saat ini per April 2018 ini, perencanaan dan pembangunan  daerah  Kabupaten Bangka juga sudah berhasil menembus 34 RKPD terbaik di Indonesia. Tahun 2016 lalu, Bangka menempati urutan 6, meningkat lagi menjadi peringkat 4 di tahun 2017.

“ Mudah-mudahan  di tahun 2018 ini, kita berhasil menembus  ke peringkat yang lebih baik,” ujar Pan Budi.

RKPD 2018 dan pencapaian pembangunan 2017 Kabupaten Bangka  mendapatkan penghargaan  terbaik karena memenuhi seluruh kriteria  penilaian, baik sisi perencanaan maupun pencapaian pembangunan. 

Disamping itu, rkpd kabupaten juga memenuhi seluruh  norma-norma perencanaan yang ideal, yaitu; (1)  memenuhi norma proses perencanaan dari bawah (bottom-up), perencanaan didasarkan pada optimalisasi forum musrenbang dan keterlibatan masyarakat;  (2) proses perencanaan dari atas  (top-down), perencanaan didasarkan pada sinkronisasi dan sinergitas dengan kebijakan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat  (3) proses perencanaan teknokratik, perencanaan didasarkan pada kapasitas bappeda dalam penyusunan rkpd berbasis kinerja; (4) proses perencanaan politik, perencanaan didasarkan pada optimalisasi peran dprd dalam penyusunan rkpd; dan (5) inovasi, perencanaan memasukkan unsur inovasi, baik inovasi perencanaan, inovasi kebijakan maupun inovasi pelayanan publik. (Pemkab Bangka)



Selasa, 10 Apr 2018 Plt Bupati Sampaikan LKPJ 2017


Tuliskan Komentar