Kamis, 18 Oktober 2018
Jumat, 28 Sep 2018, 02:02:54 WIB, 42 View Administrator, Kategori : Berita Daerah

SUNGAILIAT – Pelaksana harian (Plh) Bupati Bangka H. Akmad Muksin, SH pada Selasa (25/09/2018) membuka kegiatan sosialisasi P2KTD Program Inovsi Desa Rapat Koordinasi Tim Inovasi Desa dan rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kabupaten Bangka.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Sun Jaya ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari yakni dari tanggal 25-26 September 2018, dengan diikuti oleh OPD tekait yang tergabung dalam TIK, Pokja PPID, Pokja P2KTD, Camat Sekabupaten Bangka, Ketua Pokja dan TPAD se Kabupaten Bangka, dan pendamping Desa/tenaga ahli Desa muapun lokal Desa.

Pada Kesempatan ini Plh. Bupati Bangka H. Akmad Muksin, SH mengatakan melalui kegiatan ini pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas keuangan Desa, khusunya melalui tranfer dana desa dan alokasi dana Desa (ADD).

“Desa diharapkan meningkatkan kemapuanya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyrakat Desa”ungkap H. Akmad Muksin, SH.

Ditambahkannya, keberadaan Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) agar Desa mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga profesionalm seperti perguruan tinggi, lembaga profesi, pendamping Desa dan lembaga lainya, serta pihak swasta.

“Kehadiran Tim P2KTD dibutuhkan untuk memperkuat kapasitas teknis pemerintah Desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa”ujarnya.

Menurutnya, P2KTD adalah organisasi atau lembaga berbadan hukum yang memiliki keahlian tertentu dan diakui secara profesional serta berkomitmen membantu Desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

“ Jenis layan teknis yang disediakan P2KTD meliputi 3 (tiga) bidang kegiatan, yakni bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, bidang pengembangan SDM , dan bidang infrastruktur Desa. Dengan mmberikan pelayanan dalam bentuk dukukungan teknis”jelas H. Akmad Muksin, SH.

Dirinya berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama agar mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisifatif , sehingga pemerintah Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana Desa sebagai investasi dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyrakat.

“untuk memaksimalkan kegiatan dan program ini, dituntut TPID dan pendamping agar lebih aktif. Karena pemerintah Desa harus mampu membuat program pembangunan Desa yang lebih inovatif sehingga memberikan manfaat besar bagi masyrakat Desa”harap Plh. Bupati Bangka H. Akmad Muksin, SH

Sementara itu,Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyrakat Dan Desa, Drs. Arman Agus mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk program inovasi  Desa. Dengan nara sumber tenaga ahli dan konsultan pendamping wilayah yangb ada di Provinsi Bangka Belitung.

“Melalui kegiatan ini, kepada para Desa khususnya Desa yang ada di Kabupaten Bangka untuk dapat mengikuti  kegiatan serta menmapilkan  bursa inovasi Desa yang akan diselenggarakan pada tahun 2019 mendatang. 





Tuliskan Komentar